Pages

Senin, 27 Mei 2013

contoh IEP


Individual Education Program
Nama                     : Salsa
Jenis kelamin        : Perempuan
Usia                       : 8 tahun
Diagnosa awal       : slow leaner

Kondisi awal
1.       Kognitif
a)      Tidak bisa menerima perintah secara cepat
b)      Lambat dalam mengartikan perintah
c)       Dalam mengerjakan soal 1 nomor saja bisa memakan waktu lbih dari 10 menit, apalagi untuk soal dengan tipe hitungan atau matematika
d)      Jika membaca, masih sulit untuk mengartikannya, dan membaca tulisan tersebut
e)      Jika membaca masih perlu di eja, karena belum bisa membaca dengan lancar
2.       Emosi
a)      Belum bisa mengontrol emosi dengan tepat, jika mengerjakan soal-soal yang diberikan
b)      Kadang marah jika tidak bisa mengerjakan soal
3.       Sosial
a)      Mempunyai interaksi yang baik dengan teman sebayanya
b)      Berlaku seperti halnya dia paham jika diberi pertanyaan oleh teman sebayanya
c)       Terkadang ikut mengajari teman sebaya yang kesusahan dalam belajar, walaupun dia sendiri masih kesusahan dalam menerima atau mencerna perintah atau kata-kata tersebut
d)      Mau mengalah pada teman yang usianya ada dibawahnya
4.       Perilaku
a)      Jika bermain bersemangat sekali
b)      Jika mengerjakan tugas malas-malasan
c)       Kurang ada semangat dalam mengerjakan tugas
d)      Lebih sering mengeluh jika mendapat banyak tugas
5.       Fisik
a)      Fisik sempurna, tidak ada kekurangan dalam anggota tubuh dan terlihat seperti anak biasa dan pintar
6.       Sensorial
a)      Sempurna, peka terhadap rangsang hanya saj tidak merespon rangsang itu dengan cepat
Kelemahan :
1.       Dalam menerima informasi atau perintah masih lambat untuk mencernanya
2.       Jika mengerjakan tugas disambi dengan melakukan hal-hal lain
3.       Masih sering mengganggu temannya
4.       Tidak bisa fokus dengan baik
5.       Jika mengerjakan tugas malas-malasan dan kepala di senderkan di meja tulis
6.       Mengerjakan soal matematika masih lambat dalam menghitung
7.       Tulisan acak-acakan dan tidak rapi
8.       Membaca belum lancar
9.       Jika melakukan metode mencongak biasa tidak mau karena dia akan lambat mengerjakan dan berfikir
10.   Jika diberikan perintah harus satu per satu
11.   Kadang Perilakunya tidak bisa diterima oleh teman sebaya karena semaunya sendiri dan tidak bisa memperhitungkan akibatnya
12.   Lambat dalam mengingat tugas dan pelajaran yang telah di pelajari
Kelebihan
1.       Jika diberikan tugas tidak menolak hanya saja lambat dalam mengerjakan karena tidak paham dengan perintahnya dan isi dari tugas tersebut
2.       Mau mengalah dengan teman sebaya atau dibawah umurnya
3.       Lebih senang melakukan aktifitas dalam bentuk permainan walaupun kurang bisa fokus
Strategi pengajaran
Saya akan memberikan bimbingan khusus kepada salsa, yang pertama akan saya lakukan adalah melatih salsa untuk bisa fokus terhadap perintah yang diberikan. Ini akan saya lakuakn dengan berdialog ringan atau “ngobrol santai” dengan Salsa, saya bisa memberikan  perintah yang mudah terlebih dahulu lalu memberikan perintah yang sedikit lebih susah. Ini juga bisa melatih salsa untuk fokus. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar