Individual Education Program
Nama :
Salsa
Jenis kelamin :
Perempuan
Usia :
8 tahun
Diagnosa awal :
slow leaner
Kondisi awal
1.
Kognitif
a)
Tidak bisa menerima perintah
secara cepat
b)
Lambat dalam mengartikan perintah
c)
Dalam mengerjakan soal 1 nomor
saja bisa memakan waktu lbih dari 10 menit, apalagi untuk soal dengan tipe
hitungan atau matematika
d)
Jika membaca, masih sulit untuk
mengartikannya, dan membaca tulisan tersebut
e)
Jika membaca masih perlu di eja,
karena belum bisa membaca dengan lancar
2.
Emosi
a)
Belum bisa mengontrol emosi dengan
tepat, jika mengerjakan soal-soal yang diberikan
b)
Kadang marah jika tidak bisa
mengerjakan soal
3.
Sosial
a)
Mempunyai interaksi yang baik
dengan teman sebayanya
b)
Berlaku seperti halnya dia paham
jika diberi pertanyaan oleh teman sebayanya
c)
Terkadang ikut mengajari teman
sebaya yang kesusahan dalam belajar, walaupun dia sendiri masih kesusahan dalam
menerima atau mencerna perintah atau kata-kata tersebut
d)
Mau mengalah pada teman yang
usianya ada dibawahnya
4.
Perilaku
a)
Jika bermain bersemangat sekali
b)
Jika mengerjakan tugas
malas-malasan
c)
Kurang ada semangat dalam
mengerjakan tugas
d)
Lebih sering mengeluh jika
mendapat banyak tugas
5.
Fisik
a)
Fisik sempurna, tidak ada
kekurangan dalam anggota tubuh dan terlihat seperti anak biasa dan pintar
6.
Sensorial
a)
Sempurna, peka terhadap rangsang
hanya saj tidak merespon rangsang itu dengan cepat
Kelemahan :
1.
Dalam menerima informasi atau
perintah masih lambat untuk mencernanya
2.
Jika mengerjakan tugas disambi
dengan melakukan hal-hal lain
3.
Masih sering mengganggu temannya
4.
Tidak bisa fokus dengan baik
5.
Jika mengerjakan tugas
malas-malasan dan kepala di senderkan di meja tulis
6.
Mengerjakan soal matematika masih lambat
dalam menghitung
7.
Tulisan acak-acakan dan tidak rapi
8.
Membaca belum lancar
9.
Jika melakukan metode mencongak
biasa tidak mau karena dia akan lambat mengerjakan dan berfikir
10.
Jika diberikan perintah harus satu
per satu
11.
Kadang Perilakunya tidak bisa diterima
oleh teman sebaya karena semaunya sendiri dan tidak bisa memperhitungkan
akibatnya
12.
Lambat dalam mengingat tugas dan
pelajaran yang telah di pelajari
Kelebihan
1.
Jika diberikan tugas tidak menolak
hanya saja lambat dalam mengerjakan karena tidak paham dengan perintahnya dan
isi dari tugas tersebut
2.
Mau mengalah dengan teman sebaya
atau dibawah umurnya
3.
Lebih senang melakukan aktifitas
dalam bentuk permainan walaupun kurang bisa fokus
Strategi pengajaran
Saya akan memberikan bimbingan khusus kepada
salsa, yang pertama akan saya lakukan adalah melatih salsa untuk bisa fokus
terhadap perintah yang diberikan. Ini akan saya lakuakn dengan berdialog ringan
atau “ngobrol santai” dengan Salsa, saya bisa memberikan perintah yang mudah terlebih dahulu lalu
memberikan perintah yang sedikit lebih susah. Ini juga bisa melatih salsa untuk
fokus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar