·
PengertianObservasi
Observasi
ialah metode atau cara-cara menganalisis dan mengadakan pencatatan secara sistematis mengenai tingkahlaku dengan melihat atau mengamati individu atau kelompok secara langsung.
·
Aspek
–aspek yang diperhatikan dalam observasiadalah :
1.
Tingkahlaku apa
yang hendak diobservasinya
2.
Lalu dibua tpedoman
agar memudahkan dalam pengisian observasi.
Pengisian hasilobservasi ini bisa diisi secara bebas dalam bentuk uraian mengena igejala
yang tampa dariperilaku individu yang diobservasi ,bisa pula dalambentuk tandacek
(V) pada kolom jawaban hasilobservasi jika pedoman observasi yang
dibuat telah disediakan jawabannya (terstruktur)
·
Jenis
–jenis observasi menurut buku pengantar evaluasi pendidikan dibagi menjadi :
1.
Observasi partisipatif
(participant observation)yaitu bahwa pengamat harus melibatkan diri atau ikut serta dalam kegiatan observasi secara langsung
2.
Observasi nonpartisipatif (nontparticipant
observation)yaitu pengamat tidak secara langsung dalam kegiatan observasihanya menyebar pedoman observasi
3.
Observasi langsung yaitu pengamatan
yang dilakukan terhadap gejala atau proses yang
terjadi dalam situasi sebenarnya dan langsung diamati olehpengamat
4.
Observasi tidak langsung adalah observasi
yang
dialakukan menggunakan bantuan alat misalakan pada matapelajaran biologi pada observasi bakteri
yang dibantu dengan alat mikroskop
·
Pada umumnya sebenarnya observasi dibagi menjadi dua yaitu observasi terstruktur dan observasi
naturalistic
1.
ObservasiTerstruktur
Dengan bantuan daftar cek.Daftar cek sebenarnya merupakan daftar tingkahlaku sebagai sasaran pengamatan ,untuk mengece kapakah masing-masing tingkahlaku
yang muncul makadi tandai dengan jawaban (Ada/Ya), sedangkan jawaban yang
tidak muncul atau tidak ditemuka nditandai dengan jawaban (Tidakada/Tidak).
Pada hasil pengamatan tersebut jawabannya dinyatakan dengantandacek
(V).
Format
DaftarCekakanberupamatriks yang terdiridari 4 kolom yang isinya:
No
|
BentukTingkahLaku
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Membuatcatatan
|
v
|
|
2.
|
Mengajukanpertanyaan
|
v
|
PadakolomtersebutapabilajawabanYamakabernilai
1 sedangkanjawabanTidakbernilai 0.
Skortersebutmenunjukkankualitasdabnseberapajauhtingkatkemampuansiswa.SehinggapadakolomYamencerminkankualitastingkahlakusiswa
yang diamati. Namunkesimpulaniniharusdidasarkanpadapemeriksaan yang lebihjeli,
apakahsemuamemangbermaknapositif.Menggunakanbantuanskalapenilaianyang
diamatibukanhanyaadaatautidaknyatingkahlaku, namunjugajumlahkemungkinannya.
SkalaPenilaianKualitas
No
|
BentukTingkahLaku
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
1.
|
Ucapandalammembaca
|
|||
2.
|
Kepekaanpadatandabacadalammembaca
|
|||
3.
|
Kelancarandalammembaca
|
SkalaPenilaianFrekuensi
No
|
BentukTingkahLaku
|
Sering
|
Jarang
|
TidakPernah
|
1.
|
Kelirumengucapkanbunyihurufdalammembaca
|
|||
2.
|
Kelirudalammenafsirkantandabacadalammembaca
|
|||
3.
|
Mengulang kata atauataukumpulan kata
dalammembaca
|
Rating
Scales atauSkalaPenilaian ,sebenarnyahampirsamadengandaftarcek . Dalamskalapenilaianinijugamemiliki
item-item kualitasmaupunpenilaianfrekuensimenjadi homogeny atauheterogen. Jika
item homogenpadamasing-masingkolomdiberikanskor yang berlainan.
Baik =
2 Sering = 2
Sedang =
1 Jarang = 1
Kurang =
0 TidakPernah = 0
Skordariketigakolomtersebutjugamenunjukkankualitas,
namunkesimpulannyasemuaharusdilihatsecarajelipadamasing-masing item
apakahsemuanyamemangbermaknapositif alias baik, atausebaliknyabermakna negative
atauburuk.
2.
ObservasiNaturalistik
Dalamobservasi
naturalistic guru mengamatitingkahlakusiswasecara live
ataulangsungyaitudalamsituasi actual ataunyatatanpacampurtanganpengamatsertabebasdarifaktorkendalaeksternal.
Salah
satuteknikkhaspengamatan naturalistic atautidakterstrukturadalah anecdotal
records ataucatatananekdot (Chatterji,2003)
Catatananekdotadalahdeskripsiataucatatanrekamantentang
episode-episode atauperistiwa yang berlangsungdalamsituasi
natural.Pencatataninilebihdifokuskanpadaseoarngmurid yang menjadiperhatian
guru, sehinggacatetananekdotinilebihberisigambarantingkahlakumurid yang
bersangkutan. (Chatterji,2003)
ContohCatatanAnekdot
Kelas :
NamaMurid :
Catatanke :
Tanggal :
Waktu/pukul :
Tempat :
Nuriterlambatmasukkelassalama
10 menit.Diamengetukpintusaatmemasukiruangkelasdanmenjelaskanalasanketerlambatannyadenganmengatakanbahwa
ban sepedanyabocor .Sesudahdudukdiamengeluarkanbuku …
Ciri-ciricatatananekdot
yang baikmenurutMehrensdan Lehman (1984) :
a.
Berupadeskripsisingkatperistiwa
yang factual/nyata
b.
Catatantidakbolehmengandunginferensiataukesimpulan
c.
Catatanberisikejadianpentingterkaitdenganmurid
d.
Setelahmemperoleh
data dancatetanperistiwakemudian guru menyimpulkan
·
Langkah
– langkahmenyusunpedomanobservasi
1. Lakukanterlebihdahuluobservasilangsungterhadapsuatu
proses tingkahlaku.
2. Tentukanaspek-aspekpokokdaritingkahlakudangejala
yang akandiamatimencakup :What, Who,
Where, When, dan How .
3. Mengurutkanaspek-aspeksesuaidenganapa
yang seharusnyaberdasarkankhazanahpengetahuanilmiah.
4. Menentukanbentukpedomanobservasi
:
•
Bentukbebas(
takperluadajawaban, tetapimencatatapa yang tampak)
•
Berstruktur
( pilihanjawabandanindikator yang dipakaipengamatsudahdisediakan )
5.
Sebelummelakuanpengamatan,
ujicobakankepadacalon-calonpengamatpedomanobservasi agar setiapaspekpokoktingkahlakudapatdipahamidalamsatubahasa,
caramengisinyasesuaiharapandantujuanpengamatan.
6.
Apabilaadahal
yang menarikmunculpadatingkahlaku yang diamati,
namuntidakadadalampedomanobservasi,
sebaiknyasediakancatatankhususataukomentarpengamat di
bagianakhirpedomanobservasi.
SifatObservasi
yang baik
1.Tujuanpelaksanaandirencanakansecarasistematis
1.Tujuanpelaksanaandirencanakansecarasistematis
2.
Observasidilaksanakansesuaitujuanpelaksanaanobservasi
3.
Hasilobservasiharusdicatatdandiolahsecarasistematis
4.
Observasidilakukansecarakontinu.
·
KelebihandanKelemahanObservasi
-
Kelebihan
1.
Data
observasidiperolehsecaralangsungdenganmengamatikegiatanatauekspresisiswadalamberbuatataubereaksiterhadapsuatusituasitertentusehingga
data tersebut bias lebihobjektifdanmelukiskanaspek-aspekkepribadiansiswa yang
sebenarnya
2.
Data
hasilobservasidapatmencakupberbagaiaspekkepribadianindividusehinggadalampengolahanyatidakberatsebelah,
atauhanyamenekankansalahsatusegisajadarikecakapanataupencapaianhasilbelajarsiswa
3.
Siswamelakukankegiatandanmengekspresikankebiasaan,
minat, sertasifat-sifatnyasecaraspontan.
-
Kelemahan
1.
Observasisebagaisebagaisuatuteknikevaluasimemerlukan
skill yang baikdandapatdipertanggungjawabkan.
Pengamatharusmenyadariperbedaanantaratingkahlaku yang
terlukiskandengantingkahlaku yang dievaluasidalam kata lain
pengamatharusdapatmembedakanapa yang tersuratdanapa yang tersirat.
2.
Kepribadianpengamatsering
kali merupakan variable tambahan. Pengalaman, prasangka,
nilai-nilaipengamattidakselaludapatdipisahkansecarategasdaritingkahlakusiswa
yang dicatatnya.
3.
Tingkahlaku
yang sama yang
dimanifestasikanolehbermacam-macamindividubelumyentumempunyaiarti yang
samabagipengamat yang lain
4.
Data
yang hanyadiperolehdariobservasitidakdapatmemberikangambaran yang
samatentangstrukturkepribadianindividu.
Mata Pelajaran
|
StandarKompetensi
|
KompetensiDasar
|
PendidikanKewarganegaraan
|
2. Melaksanakannorma yang berlaku di
masyarakat
|
2.3 Melaksanakanaturan-aturan yang
berlaku di
lingkunganmasyarakatsekitar
|
Bahasa
Indonesia
|
Membaca
3.
Memahamitekspendekdenganmembacanyaring
|
3.2
Membacanyaringkalimatsederhanadenganlafaldanintonasi yang tepat
|
8. Menulispermulaandengan
huruftegakbersambung
melaluikegiatandiktedan
menyalin
|
8.1 Menuliskalimatsederhana yang
didiktekan guru denganhuruftegakbersambung
|
|
IPA
|
Menerapkansifat-sifat
cahayamelaluikegiatan
membuatsuatukarya/
model
|
6.2 Membuatsuatukarya/model,
misalnyaperiskopatau
lensadaribahansederhanadenganmenerapkansifatsifat
cahaya
|
terima kasih ya, kunjungi blog saya: http://www.banjirembun.blogspot.com
BalasHapus