Pages

Senin, 27 Mei 2013

Jenis penilaian observasi evaluasi pembelajaran


·         PengertianObservasi
Observasi ialah metode atau cara-cara menganalisis dan mengadakan pencatatan secara sistematis mengenai tingkahlaku dengan melihat atau mengamati individu atau kelompok secara langsung.

·         Aspek –aspek yang diperhatikan dalam observasiadalah :
1.      Tingkahlaku apa yang hendak diobservasinya
2.      Lalu dibua tpedoman agar memudahkan dalam pengisian observasi. Pengisian hasilobservasi ini bisa diisi secara bebas dalam bentuk uraian mengena igejala yang tampa dariperilaku individu yang diobservasi ,bisa pula dalambentuk tandacek (V) pada kolom jawaban hasilobservasi jika pedoman observasi yang dibuat telah disediakan jawabannya (terstruktur)
·         Jenis –jenis observasi menurut buku pengantar evaluasi pendidikan dibagi menjadi :
1.      Observasi partisipatif (participant observation)yaitu bahwa pengamat harus melibatkan diri atau ikut serta dalam kegiatan observasi secara langsung
2.      Observasi nonpartisipatif (nontparticipant observation)yaitu pengamat tidak secara langsung dalam kegiatan observasihanya menyebar pedoman observasi
3.      Observasi langsung yaitu pengamatan yang dilakukan terhadap gejala atau proses yang terjadi dalam situasi sebenarnya dan langsung diamati olehpengamat
4.      Observasi  tidak langsung adalah observasi yang dialakukan menggunakan bantuan alat misalakan pada matapelajaran biologi pada observasi bakteri yang dibantu dengan alat mikroskop
·         Pada umumnya sebenarnya observasi dibagi menjadi dua yaitu observasi terstruktur dan observasi naturalistic
1.      ObservasiTerstruktur
Dengan bantuan daftar cek.Daftar cek sebenarnya merupakan daftar tingkahlaku sebagai sasaran pengamatan ,untuk mengece kapakah masing-masing tingkahlaku yang muncul makadi tandai dengan jawaban (Ada/Ya), sedangkan jawaban yang tidak muncul atau tidak ditemuka nditandai dengan jawaban (Tidakada/Tidak).
Pada hasil pengamatan tersebut jawabannya dinyatakan dengantandacek (V).
Format DaftarCekakanberupamatriks yang terdiridari 4 kolom yang isinya:


No
BentukTingkahLaku
Ya
Tidak
1.
Membuatcatatan
v

2.
Mengajukanpertanyaan

v

PadakolomtersebutapabilajawabanYamakabernilai 1 sedangkanjawabanTidakbernilai 0. Skortersebutmenunjukkankualitasdabnseberapajauhtingkatkemampuansiswa.SehinggapadakolomYamencerminkankualitastingkahlakusiswa yang diamati. Namunkesimpulaniniharusdidasarkanpadapemeriksaan yang lebihjeli, apakahsemuamemangbermaknapositif.Menggunakanbantuanskalapenilaianyang diamatibukanhanyaadaatautidaknyatingkahlaku, namunjugajumlahkemungkinannya.
SkalaPenilaianKualitas



No
BentukTingkahLaku
Baik
Sedang
Kurang
1.
Ucapandalammembaca



2.
Kepekaanpadatandabacadalammembaca



3.
Kelancarandalammembaca





SkalaPenilaianFrekuensi
No
BentukTingkahLaku
Sering
Jarang
TidakPernah
1.
Kelirumengucapkanbunyihurufdalammembaca



2.
Kelirudalammenafsirkantandabacadalammembaca



3.
Mengulang kata atauataukumpulan kata dalammembaca





Rating Scales atauSkalaPenilaian ,sebenarnyahampirsamadengandaftarcek . Dalamskalapenilaianinijugamemiliki item-item kualitasmaupunpenilaianfrekuensimenjadi homogeny atauheterogen. Jika item homogenpadamasing-masingkolomdiberikanskor yang berlainan.
     Baik                 = 2                                           Sering              = 2
     Sedang            = 1                                           Jarang              = 1
     Kurang                        = 0                                           TidakPernah    = 0
Skordariketigakolomtersebutjugamenunjukkankualitas, namunkesimpulannyasemuaharusdilihatsecarajelipadamasing-masing item apakahsemuanyamemangbermaknapositif alias baik, atausebaliknyabermakna negative atauburuk.
2.      ObservasiNaturalistik
Dalamobservasi naturalistic guru mengamatitingkahlakusiswasecara live ataulangsungyaitudalamsituasi actual ataunyatatanpacampurtanganpengamatsertabebasdarifaktorkendalaeksternal.
Salah satuteknikkhaspengamatan naturalistic atautidakterstrukturadalah anecdotal records ataucatatananekdot (Chatterji,2003)
Catatananekdotadalahdeskripsiataucatatanrekamantentang episode-episode atauperistiwa yang berlangsungdalamsituasi natural.Pencatataninilebihdifokuskanpadaseoarngmurid yang menjadiperhatian guru, sehinggacatetananekdotinilebihberisigambarantingkahlakumurid yang bersangkutan. (Chatterji,2003)
ContohCatatanAnekdot
Kelas                     :
NamaMurid           :
Catatanke              :
Tanggal                 :
Waktu/pukul         :
Tempat                  :
                  Nuriterlambatmasukkelassalama 10 menit.Diamengetukpintusaatmemasukiruangkelasdanmenjelaskanalasanketerlambatannyadenganmengatakanbahwa ban sepedanyabocor .Sesudahdudukdiamengeluarkanbuku …

Ciri-ciricatatananekdot yang baikmenurutMehrensdan Lehman (1984) :
a.       Berupadeskripsisingkatperistiwa yang factual/nyata
b.      Catatantidakbolehmengandunginferensiataukesimpulan
c.       Catatanberisikejadianpentingterkaitdenganmurid
d.      Setelahmemperoleh data dancatetanperistiwakemudian guru menyimpulkan


·         Langkah – langkahmenyusunpedomanobservasi
1. Lakukanterlebihdahuluobservasilangsungterhadapsuatu proses tingkahlaku.
2. Tentukanaspek-aspekpokokdaritingkahlakudangejala yang akandiamatimencakup :What, Who, Where, When, dan How .
3. Mengurutkanaspek-aspeksesuaidenganapa yang seharusnyaberdasarkankhazanahpengetahuanilmiah.
4. Menentukanbentukpedomanobservasi :
      Bentukbebas( takperluadajawaban, tetapimencatatapa yang tampak)
      Berstruktur ( pilihanjawabandanindikator yang dipakaipengamatsudahdisediakan )
5.      Sebelummelakuanpengamatan, ujicobakankepadacalon-calonpengamatpedomanobservasi agar setiapaspekpokoktingkahlakudapatdipahamidalamsatubahasa, caramengisinyasesuaiharapandantujuanpengamatan.
6.      Apabilaadahal yang menarikmunculpadatingkahlaku yang diamati, namuntidakadadalampedomanobservasi, sebaiknyasediakancatatankhususataukomentarpengamat di bagianakhirpedomanobservasi.
SifatObservasi yang baik
1.Tujuanpelaksanaandirencanakansecarasistematis
2. Observasidilaksanakansesuaitujuanpelaksanaanobservasi
3. Hasilobservasiharusdicatatdandiolahsecarasistematis
4. Observasidilakukansecarakontinu.


·         KelebihandanKelemahanObservasi
-          Kelebihan
1.      Data observasidiperolehsecaralangsungdenganmengamatikegiatanatauekspresisiswadalamberbuatataubereaksiterhadapsuatusituasitertentusehingga data tersebut bias lebihobjektifdanmelukiskanaspek-aspekkepribadiansiswa yang sebenarnya
2.      Data hasilobservasidapatmencakupberbagaiaspekkepribadianindividusehinggadalampengolahanyatidakberatsebelah, atauhanyamenekankansalahsatusegisajadarikecakapanataupencapaianhasilbelajarsiswa
3.      Siswamelakukankegiatandanmengekspresikankebiasaan, minat, sertasifat-sifatnyasecaraspontan.
-          Kelemahan
1.      Observasisebagaisebagaisuatuteknikevaluasimemerlukan skill yang baikdandapatdipertanggungjawabkan. Pengamatharusmenyadariperbedaanantaratingkahlaku yang terlukiskandengantingkahlaku yang dievaluasidalam kata lain pengamatharusdapatmembedakanapa yang tersuratdanapa yang tersirat.
2.      Kepribadianpengamatsering kali merupakan variable tambahan. Pengalaman, prasangka, nilai-nilaipengamattidakselaludapatdipisahkansecarategasdaritingkahlakusiswa yang dicatatnya.
3.      Tingkahlaku yang sama yang dimanifestasikanolehbermacam-macamindividubelumyentumempunyaiarti yang samabagipengamat yang lain
4.      Data yang hanyadiperolehdariobservasitidakdapatmemberikangambaran yang samatentangstrukturkepribadianindividu.

Mata Pelajaran
StandarKompetensi

KompetensiDasar

PendidikanKewarganegaraan
2. Melaksanakannorma yang berlaku di masyarakat
2.3 Melaksanakanaturan-aturan yang berlaku di
lingkunganmasyarakatsekitar

Bahasa Indonesia
Membaca
3. Memahamitekspendekdenganmembacanyaring

3.2 Membacanyaringkalimatsederhanadenganlafaldanintonasi yang tepat


8. Menulispermulaandengan
huruftegakbersambung
melaluikegiatandiktedan
menyalin
8.1 Menuliskalimatsederhana yang didiktekan guru denganhuruftegakbersambung

IPA
Menerapkansifat-sifat
cahayamelaluikegiatan
membuatsuatukarya/
model

6.2 Membuatsuatukarya/model, misalnyaperiskopatau
lensadaribahansederhanadenganmenerapkansifatsifat
cahaya

1 komentar:

  1. terima kasih ya, kunjungi blog saya: http://www.banjirembun.blogspot.com

    BalasHapus